Yuki Tsunoda Jajal Mobil Balap Honda NSX GT3 Evo di Sirkuit Nürburgring

banner 468x60

ACEBanten.com – Yuki Tsunoda jajal mobil balap Honda NSX GT3 Evo untuk pertama kalinya pada acara Red Bull Formula Nurburgring bertempat di sirkuit Nürburgring, Jerman. Pembalap tim F1 Scuderia AlphaTauri asal Jepang tersebut tampil memutari sirkuit sepanjang 20,8 kilometer tersebut disaksikan oleh sekitar 30.000 penggemar balap yang datang ke Nordschleife, Nürburgring, Jerman.

Mobil balap Honda NSX GT3 merupakan mobil spek balap yang diperkenalkan pada tahun 2016 dan mulai digunakan pada tahun 2017 di ajang balap IMSA SportsCar Championship serta Super GT Series pada tahun 2018. Honda kemudian melakukan improvisasi dalam hal aerodinamika, sistem pendinginan serta perangkat turbocharger pada tahun 2019 dan berhasil memenangkan kejuaraan IMSA SportsCar Championship dan Super GT Series pada tahun yang sama.

Pada tahun 2022, Honda bersama Honda Performance Development dan JAS Motorsport kembali melakukan pembaharuan pada mobil Honda NSX GT3 Evo22 yaitu komponen intercooler, suspensi dan lain sebagainya. Mobil ini akan digunakan untuk di berbagai kejuaraan balap dunia hingga tahun 2024.

Yuki Tsunoda mengatakan bahwa, “Nordschleife merupakan sirkuit balap legendaris yang  sangat menantang dengan berbagai karakter tikungan-tikungannya yang tajam dimana kita harus sangat waspada untuk meminimalisir kesalahan. Pada kesempatan ini juga merupakan kesempatan pertama saya menjajal mobil balap Honda NSX GT3 Evo dimana mobil ini sangat fun to drive dan juga responsif ketika dikendarai di sirkuit legendaris ini.”

Yuki Tsunoda telah menjadi bagian dari program tim Red Bull Junior dan juga Honda Drivers Development Program pada tahun 2020. Pada tahun yang sama, ia berhasil menempati posisi ketiga di Kejuaraan balap FIA Formula 2. Pada tahun berikutnya, Tsunoda memulai debut nya di ajang balap Formula 1 bersama tim Scuderia AlphaTauri hingga kini.

Sirkuit Nordschleife, Nürburgring pertama kali dibuka pada tahun 1927 dan merupakan sirkuit yang menantang dengan 73 tikungan, tanjakan cepat, dan turunan yang memberikan adrenalin tersendiri bagi para pembalap. Salah satu yang paling menantang dari sirkuit ini adalah Carousel Caracciola, di mana ini merupakan tikungan curam dengan lempengan betonnya yang kasar. Sirkuit Nürburgring, Jerman juga sebelumnya pernah menjadi salah satu agenda balap Formula 1.

Selain itu di sirkuit ini, Honda juga berhasil mencatatkan rekor dunia dimana mobil Honda Civic Type R FK8 dan FL5 berhasil memecahkan rekor menjadi mobil penggerak roda depan (FWD) tercepat di sirkuit Nurburgring, Jerman. Pada tahun 2023, Honda Civic Type R FL5 berhasil mencatatkan waktu 7 menit 44.881 detik pada pengujian yang dilakukan di sirkuit legendaris tersebut. (Rls)

banner 336x280

Komentar