Presiden MDRT Peggy Tsai Ingatkan Pegang Teguh Kode Etik

banner 468x60

ACEBanten.com – Presiden MDRT (Million Dollar Round Table), Peggy Tsai meminta  MDRT sebagai wadah dari para profesional asuransi dari seluruh dunia, atau yang juga biasa disebut dengan The Premiere Association of Financial Professional atau Asosiasi Premier Profesional Finansial, harus dioptimalkan sebagai tempat belajar bagi para agen asuransi profesional untuk dapat melayani nasabah dengan lebih baik.

“MDRT adalah wadah yang baik baik agen asuransi jiwa yang unggul. Untuk itu kita harus pegang teguh kode etik sehingga dapat melayani nasabah dengan lebih baik,” papar Presiden MDRT Peggy Tsai dalam konferensi pers MDRT Day 2023 di ICE BSD, Serpong (13/7/2023).

Kode etik MDRT menekankan pada 7 pedoman dasar agen asuransi profesional yakni: Selalu menempatkan kepentingan nasabah di atas kepentingan sendiri, baik secara langsung maupun tidak langsung;

Menjaga standar tertinggi kompetensi profesional dengan selalu menjaga dan meningkatkan pengetahuan, keterampilan, dan kompetensi profesional;

Memegang teguh kepercayaan nasabah dengan menganggap semua informasi usaha dan pribadi yang berhubungan dengan nasabah adalah hal yang istimewa dan harus dijaga kerahasiaannya;

Menginformasikan fakta yang diperlukan selengkap mungkin sehingga nasabah dapat mengambil keputusan berdasarkan informasi yang diperoleh;

Menjaga perilaku dan sikap pribadi yang mencerminkan citra baik sebagai praktisi asuransi dan jasa keuangan serta sebagai anggota MDRT;

Memastikan bahwa setiap penggantian produk asuransi atau keuangan adalah demi manfaat bagi nasabah; serta Menaati dan mematuhi semua ketentuan hukum dan peraturan yang berlaku di wilayah hukum tempat anggota menjalankan bisnis atau usaha.

Peggy menjelaskan bahwa, dalam waktu 3 tahun lagi MDRT akan memasuki usia 100 tahun. Banyak tantangan dan juga perubahan yang terjadi dalam wadah MDRT, utamanya pergeseran pertumbuhan agen asuransi profesional ke kawasan Asia. Disebutkan bahwa saat ini keanggotaan MDRT di dunia telah mencapai lebih dari 90.000 orang profesional asuransi jiwa dan jasa keuangan terkemuka di dunia, yang berasal dari 500 perusahaan dari 70 negara di dunia.

“Anggota MDRT kini tumbuh sangat pesat. Kalau dulu hanya 10 ribuan dengan traditional way, sekarang sudah melampaui 80 ribu member di seluruh dunia. Tumbuh sangat pesat, dan banyak dari Asia. Ini karena  semakin memahami keinginan nasabah sehingga pemasaran (produk asuransi) disesuaikan dengan corak lokal,” ungkap Peggy yang juga menjabat sebagai Presiden MDRT pertama dari Asia.

Dia juga menambahkan, saat ini MDRT global juga telah mengembangkan 600 MDRT Academy dan 200 Global Service yang telah tersebar di berbagai negara. Tujuannya adalah menegaskan keanggotaan MDRT diakui secara internasional sebagai standar mutu tinggi di dunia jasa asuransi jiwa dan jasa keuangan.

Dedy Setio, Country Chair MDRT Indonesia dalam kesempatan yang sama mengatakan saat ini jumlah member MDRT di Indonesia mencapai 2,283 anggota. Namun angka tersebut diperkirakan terus tumbuh sejalan dengan samakin tingginya kesadaran masyarakat berasuransi. “Kami menargetkan bisa mencapai 3.000 member tahun depan. Karena asuransi pasca pandemi menjadi penting, karena kita harus hidup dengan proteksi,” jelasnya.

Untuk dapat menjadi member MDRT, Agen Asuransi Jiwa harus memenuhi persyaratan dengan mencapai premi terkumpul sebesar Rp 576 juta untuk mencapai level MDRT. Level berikutnya adalah Court of the Table, yaitu 3 kali lipat dari level MDRT dengan premi sebesar Rp 1,72 miliar, dan level tertinggi adalah Top of the Table, yaitu 6 kali lipat dari level MDRT dengan premi sebesar Rp 3,45 miliar. Jumlah premi tersebut merupakan total premi yang terkumpul dari polis pada tahun pertama, mulai dari tanggal 1 Januari 2023 hingga 31 Desember 2023.

Setelah mencapai level tersebut, dilanjutkan dengan mendaftar sebelum tanggal 1 Maret 2024 dan membayar iuran keanggotaan sesuai dengan levelnya masing-masing.

Deddy menyebutkan ada empat manfaat utama menjadi member MDRT. Pertama, memiliki jaringan global yang terhubung dengan member MDRT di seluruh dunia. Kedua, mendapatkan sumber daya online melalui website MDRT, aplikasi MDRT, dan majalah “Round the Table”.

“Sumber daya online tersebut berupa video, audio, dan artikel yang dapat meningkatkan produktivitas. Sebuah studi kepada 670 anggota first timer tahun 2012 yang terus mempertahankan keanggotaannya sampai dengan tahun 2016, menunjukkan adanya rata-rata pertumbuhan pendapatan sebesar 13.5% setiap tahunnya,” kata Deddy

Manfaat Ketiga, dapat menghadiri pertemuan tahunan seperti MDRT Annual Meeting (yang telah digelar tanggal 25 hingga 28 Juni 2023 di Amerika Serikat), serta MDRT Global Conference yang akan diadakan di Singapura pada tanggal 27 hingga 30 Agustus 2023. Bagi yang mencapai level Top of the Table, dapat menghadiri Top of the Table Meeting yang akan diadakan di Naples, Florida, Amerika Serikat pada tanggal 11 hingga 14 Oktober 2023.

Keempat, dengan menjadi member MDRT, dapat menerapkan konsep manusia seutuhnya. MDRT mengajarkan kita untuk memiliki keseimbangan antara pekerjaan dan kehidupan sehari-hari.

“Konsep manusia seutuhnya ini juga dikenal sebagai 7 pilar MDRT, yaitu hubungan antar sesama, kesehatan, pendidikan, karir, pelayanan, keuangan, dan spiritual,” imbuhnya.

Sementara Committee Chair of MDRT Day Indonesia 2023 Anwar Aonillah mengatakan, pada hari ini pihaknya menyelenggarkan MDRT Day Indonesia 2023 sebagai bagian dari upaya kami untuk terus memperkenalkan MDRT kepada para agen asuransi, perusahaan asuransi, dan tentunya juga kepada seluruh masyarakat Indonesia. Sebab, MDRT harus menjadi role model bagi profesi agen asuransi di Indonesia.

“Seminar MDRT Day Indonesia 2023 sebagai wadah untuk memberikan wawasan dan berbagi kisah inspiratif di kalangan agen asuransi jiwa, mendorong profesionalisme agen asuransi melalui peningkatan kompetensi, yang tidak hanya berdampak pada produktivitas tetapi juga yang lebih mendasar adalah kapasitas agen asuransi sebagai financial advisor yang handal, dimana kemampuan advisor agen asuransi jiwa harus terus dikembangkan sehingga setara dengan kemampuan agen asuransi di kawasan Asia, hingga global,” jelas Anwar.

Pembicara yang hadir dalam MDRT Day Indonesia 2023 sangat spektakuler, selain tahun ini mendatangkan President MDRT, Peggy Tsai sebagai salah satu pembicara utama, juga menghadirkan para pembicara yang merupakan para agen profesional yang telah menjadi anggota MDRT selama lebih dari 10 tahun.

“Juga beberapa pembicara lain yang akan berbagi kesuksesan, dan kiat-kiat untuk bisa terus berkarya, produktif, dan tetap profesional. Jadi MDRT Day ini menjadi momen berharga bagi para agen karena dapat menerima pemaparan dari para pembicara berkelas dan sarat pengalaman, yang tentunya dapat terus mendorong produktivitas dan profesionalisme agen asuransi jiwa,” katanya. (Rls)

banner 336x280

Komentar